Rotowijayan Festival (ROTFEST) 2024

Warga kampung Rotowijayan menyelenggarakan  ROTFEST dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 79 pada Minggu (18/8). Acara tersebut terselenggara secara meriah, merakyat dan kolosal di sepanjang jalan Rotowijayan. Oleh karenanya event ini diberi judul ROTFEST.

Puluhan warga secara santusias beraksi di atas catwalk, bahkan ratusan warga dan wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata Kraton menyaksikan gelaran event yang unik ini. Rotfest selalu digelar setiap bulan Agustus, beragendakan Fashion Show on The Street.

Fashion show dilombakan ini digelar di sepanjang jalan Rotowijayan. Menampilkan peragaan busana kelompok dewasa dan kelompok anak-anak, remaja, bapak, ibu dan lansia. Penilaian atas penampilan peragawan & peragawati dipercayakan kepada Ny. Ani Seto desainer APPMI DIY, Ny.Ayu Beauty Partner, dan Ny. Ita Sapto.

Drs. H. Zuliadi, Ketua Kampung Ngasem Kelurahan Kadipaten membuka acara dengan pengguntingan pita dan meluncurkan mascot ROTFEST yang dinamai Den Roto. Dalam sambutannya Ustadz Zuliadi mengatakan, “event ini memadukan partisipasi seluruh warga dan dikemas sebagai hiburan antar warga dan sebagai suguhan event pariwisata yang diharapkan kelak menjadi ajang Fashion Show on The Street yang menasional bahkan dunia, dengan mengeksplore potensi batik dan beragam souvenir yang dierdagangkan Toko-toko di sepanjang jalan Rotowijayan.

Pentas tarian tradisional yang rancak dan harmoni juga diexplore ROTFEST melalui penampilan kelompok Kampung Menari yang dipimpin Sumardiyanto, S.Sn yang juga ketua RW. 13 dengan anggota tim Syaura, Linda, Hafidsa, Yafa, Inai, dan Sekar. Penari diiringi musik gamelan, dengan penabuh Dzidan, Wildan, Okta, Revan, Huda, Yanto, Sumarno, Ino, Riski dibawah pimpinan Saranta, dengan vocal suara merdu Haryati, Susi dan Yati yang mendedangkan lagu-lagu Jawa dan Campursari.

Hadir menyaksikan Rotfest gelaran ketiga ini dan turut memeriahkan Flashmob diantaranya Mantri Pamong Praja Kraton Drs. Sumargandhi, M.Si, Danramil Kraton Mayor CAJ. Erni Sudarwati, Kapolsek Kraton AKP. Dwi Pujiastuti, SH, MM, Ketua LPMK Kadipaten H. Emir Nuswantoro, SS, SE,  Babinsa Hendriyanto dan Babinkamtibmas Bisusanti serta Ketua Kampung Wisata Kadipaten dr. RM. Kunyun, dan Ketua Pokdarwis RM. Candra Rahadyan.

Ketua Panitia RM. Hertriasning yang juga Ketua RW 12, bersama isteri didaulat memeragakan busana lurik dan tenun. Tak ketinggalan tampil memukau di catwalk secara couple, dinataranya owner Batik Luwes Putera, Hepi Hapsoro dan Iin Hapsoro yang juga desainer busana-busana yang diperagakan. Sedangkan owner Apotek Perdana Rotowijayan, Titi dan Anton tampil mengenakan rancangan busana perpaduan lurik, batik dan tenun, karya desainer Dewi Rusdi owner Batik Dewiqu.

Haryawan Emir Nuswantoro, SS, SE, Ketua LPMK Kadipaten di sela acara mengatakan,”Saya kagum & gembira bisa berbaur di tengah warga Rotowijayan, apresiasi tinggi dengan guyub warga yang andil menyemarakkan Rotfest secara spontan dan kolosal. Saya berharap bisa dijadikan Calendar Event Pariwisata setiap tahun dan saya siap menganggarkan melalui MURENBANG sesuai kewenangan saya,” pungkas Emir, Ketua LPMK yang lahir dan besar di kampung Kadipaten Kidul.

Gelaran event spontan warga Rotowijayan yang digelar pukul 15.00-17.30 ini mendapat apresiasi dan acungan 2 jempol dari Drs.Sumargandhi, M.Si pada saat melepas arak-arakan kirab pawai gunungan souvenir dan cinderamata dipadu perform tarian kelompok Kampung Menari. Fashion Show, Kirab Gunungan Cinderamata, Tarian Kolosal, Gamelan Kolosal dan Bazar UMKM berhasil dikemas menjadi tontonan, hiburan dan pementasan yang menarik massa dan wisatawan di kawasan Kraton Yogyakarta hari Minggu yang cerah ini