SIMULASI KEBENCANAAN DI KADIPATEN

Kampung Tangguh Bencana (KTB)  Kampung Kadipaten Kidul dan Kadipaten Wetan bersama warga mengikuti simulasi bencana yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta. Simulasi  di Kadipaten Kidul pada Minggu 19 Nopember dan Minggu 26 Nopember di Kadipaten Wetan mulai pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam acara simulasi dihadiri Mantri Pamong Praja Kraton, Kapolsek dan Danramil Kraton, Lurah Kadipaten, Kasi Pemerintahan dan Trantib, Babinsa dan Babinkamtibmas, Ketua LPMK, anggota KTB dan perwakilan warga. 

Simulasi yang dilaksanakan di Kadipaten adalah simulasi saat terjadi bencana gempa bumi. Sebelum pelaksanaan simulasi didahului dengan apel siaga dan pengarahan dari BPBD serta  gladi bersih satu hari sebelumnya, yakni pada Sabtu sore.

Pendamping Penanggulangan Bencana BPBD wilayah Kemantren Kraton, Nowo Edi Wijayanto, menjelaskan bahwa simulasi di Kadipaten merupakan yang terakhir untuk Kemantren Kraton. Selanjutnya Nowo Edi juga menyampaikan bahwa dengan simulasi diharapkan warga memiliki kemampuan dalam mensikapi terjadinya bencana.

Keterangan gambar : foto atas simulasi di Kadipaten Kidul, foto bawah simulasi di Kadipaten Wetan.