PENILAIAN KSW DI KADIPATEN

KADIPATEN-Tim  Penilai Kampanye Sadar Wisata (KSW) 2023  dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melaksanakan penilaian di Kelurahan Kadipaten pada Rabu 1 Nopember 2023. Tim Penilai diterima di Aula Kelurahan Kadipaten mulai pukul 09.00 WIB. Kedatangan Tim yang disambut Bregodo dari Kampung Kadipaten Kidul.

Penilaian ini merupakan kelanjutan  dari  pendampingan oleh Tim Pendamping Kemenparekraf kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Kadipaten. Tim Pendamping telah melaksanakan 5 (lima) kali pendamping kepada Pokdarwis kurun waktu 2022-2023.

Hadir dalam acara penilaian perwakilan Tim Juri berjumlah 3 orang. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenparekraf, perwakilan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenparekraf, Lurah Kadipaten, Sekretaris Kelurahan, Ketua LPMK, Pengurus dan anggota Pokdarwis, Tokoh Masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Tim penilai Kemenparekraf dari unsur praktisi/pengelola desa/kampung wisata, praktisi usaha perhotelan dan akademisi dari Institut Teknologi Bandung.

Tim dari Kadipaten yang dihadirkan dalam penilaian adalah Lurah Kadipaten, Ketua Pokdarwis, Local Champion, Ketua Forum UMKM, Tokoh Masyarakat (Ketua Kampung Kadipaten Kidul) dan perwakilan pengelola usaha home stay.   

Penilaian diawali  perkenalan dan sambutan oleh Tim Penilai dilanjutkan sambutan dari Kemenparekratf. Tim Penilai menyampaikan bahwa Kadipaten terpilih dalam 15 besar dalam kegiatan KSW dari 60 desa wisata yang diseleksi oleh Tim Kemenparekraf. Selanjutnya disampaikan bahwa dari 15 besar akan diseleksi menjadi 9 besar nominator pemenang KSW 2023.

Sementara itu perwakilan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenparekraf menyampaikan bahwa penilaian untuk mengetahui progress dalam KSW setelah mendapat pendampingan serta klarifikasi atas bukti-bukti yang dilaporkan Pokdarwis kepada Tim.

Motode penilaian dengan tanya jawab dan kunjungan lapangan. Dalam tanya jawab Tim Penilai mendengarkan jawaban tidak hanya dari satu penjawab namun ditambah dengan penjawab lainnya yang saling melengkapi dan menguatkan. Selesai tanya jawab Tim melakukan visitasi lapangan.

Keterangan foto : Suasana penilaian di Aula Kelurahan Kadipaten.