PELATIHAN MC BAHASA JAWA KELURAHAN KADIPATEN

KADIPATEN-Kelurahan Kadipaten menyelenggarakan pelatihan pembawa acara (MC) berbahasa Jawa pada Kamis 2 Nopember 2023.  Kegiatan bertempat di Aula Kelurahan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Sekretaris Kelurahan, mewakili Lurah. Sekretaris Kelurahan Kadipaten dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada peserta hadir memenuhi undangan pelatihan, dan kepada nara sumber yang siap mengisi pelatihan.

Pelatihan diikuti masyarakat dari unsur Ketua RW, LPMK, Karang Taruna dan Pokdarwis. Sebelumnya Kelurahan telah berikirim surat kepada Ketua RW, LPMK, Karang Taruna dan Pokdarwis untuk mengikuti pelatihan.

Bertindak sebagai nara sumber pelatihan 2 orang, pertama  Tri Handoko, praktisi MC yang juga Ketua Paguyuban Pranatacara Yogyakarta. Sedangkan nara sumber kedua, KMT Projo Suwasono, abdi dalem Kraton Yogyakarta.

Setelah penyampaikan materi dari narsum dilanjutkan praktek pembawa acara. Ada 2 peserta yang mempraktekkan sebagai pranatacara pada moment peristiwa kematian (sripah=jawa) bertindak sebagai wakil keluarga/ahli waris. Selanjutkan kedua narasumber menyampaikan saran-saran, masukan dan koreksi pada peserta yang praktek.

Kegiatan pelatihan marketing online merupakan program pemberdayaan masyarakat Kelurahan Kadipaten anggaran perubahan 2023. Berdasarkan tatakala kegiatan dilaksanakan triwulan empat bulan Nopember 2023. Program lainnya yang rencana akan dilaksanakan di bulan Nopember 2023 yaitu Pelatihan Adat Berbusana Jawa, Pelatihan Kesehatan Masyarakat, dan Pelatihan Pengemasan/packing Barang.

Keterangan foto : Suasana pelatihan MC.