“KIRAB BUDAYA SUMPAH PEMUDA” KADIPATEN KIDUL

KADIPATEN-Warga Kampung Kadipaten Kidul Kelurahan Kadipaten menggelar kirab budaya dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda pada Sabtu 28 Oktober 2023 mulai jam 15.30 WIB. Peserta yang mengikuti kirab dari warga wilayah RW I, RW II dan RW III, start dari parkiran gedung Suryo Puri, Jl.Kadipaten Kidul dan finish di tempat yang sama. Warga yang ikut kirab dari kalangan anak-anak, remaja sampai orang tua. Peserta kirab mengenakan aneka baju adat dari berbagai daerah dengan aneka asesoris menarik.

Hadir dalam pelepasan kirab Sekretaris Kelurahan Kadipaten, Kanit Intel Polsek Kraton, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua LPMK Kadipaten, Ketua Kampung Kadipaten Kidul, Ketua Jaga Warga Kampung Kadipaten Kidul serta tokoh masyarakat Kadipaten Kidul.

Rangkaian kirab dimulai dengan sambutan oleh ketua panitia dan kelurahan. Ketua panitia, Andi Hendri Irianto, dalam sambutan menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat dalam kegiatan kirab budaya.

Sementara itu Sekretaris Kelurahan Kadipaten, Sutikno, yang hadir mewakili Lurah, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada warga Kampung Kadipaten Kidul atas pelaksanaan kirab budaya. Berikutnya Sutikno juga menyampaikan bahwa Kadipaten Kidul dapat dijadikan contoh bagi kampung lainnya dalam kegiatan kebudayaan. Mengakhiri sambutannya, Sutikno berharap kirab budaya mampu memperat persatuan dan kerja sama diantara warga masyarakat Kampung Kadipaten Kidul serta kirab bisa diselenggarakan pada tahun-tahun mendatang.

Peserta kirab dilepas dari halaman parkir Gedung pertemuan Suryo Puri dengan pengibaran bendera oleh Sekretaris Kelurahan Kadipaten. Barisan peserta kirab budaya terdiri dari pasukan atau bregodo Jaga Baya Kadipaten Kidul, disusul barisan peserta secara berurutan dari kelompok masyarakat RW I, RW II dan RW III.

Rute kirab mengelilingi wilayah Kampung Kadipaten Kidul dimulai dari Gedung Suryo puri jl.Kadipaten Kidul-Jl.Kadipaten-Jl.Nagan Lor-Jl.Nogosari Kidul-Jl.Nogosari Lor-Jl.Polowijan-Jl.Basahan-Jl.Kadipaten Kidul. Masyarakat sekitar rute yang dilalui kirab tampak antusias menyaksikan. Terkait pengamanan jalan untuk rute kirab budaya panitia berkoordinasi dengan Babinsa, Babinkamtibmas, Jaga Warga dan anggota Linmas Kelurahan Kadipaten. Peserta kirab dari RW I, RW II dan RW III sebelum bergera maju menunjukkan performance art dihadapan panitia dan tamu undangan yang hadir.

Pasca pelepasan peserta Kirab, Andi Hendri Irianto menjelaskan bahwa kegiatan kirab budaya baru tahun ini, 2023, dilaksanakan kembali. Tema kegiatan tahun ini Merajut Budaya memperkuat Persatuan Kampung Kadipaten Kidul”, jelasnya. “Sebelumnya Kampung Kadipaten Kidul pernah menyelenggarakan kirab peringatan sumpah pemuda tahun 2017”, tambahnya.

Ketika ditanya siapa yang berinisiatif menyelenggarakan Kirab budaya tahun ini, Andi Hendri Irianto menyampaikan bahwa inisiatif kirab dari Ketua Kampung Kadipaten Kidul. Personil kepanitiaan kirab budaya dari unsur pengurus kampung, RT-RW dan tokoh masyarakat. Terakhir, Andi Hendri Irianto menyampaikan bahwa motivasi kegiatan kirab budaya dalam rangka menjaga harmonisasi warga masyarakat Kampug Kadipaten Kidul yang telah tercipta atas upaya dan perjuangan tokoh masyarakat dari generasi sebelumnya.

Keterangan foto : Suasana Kirab Budaya Kadipaten Kidul