KADIPATEN TERIMA KUNJUNGAN “SAMBANG BANK SAMPAH”

Kadipaten-Forum Bank Sampah Kadipaten menerima kunjungan dari Forum Bank Sampah Kota pada Kamis, 21 September 2023 bertempat di Balai RW 4 mulai pukul 16.00 WIB. Acara dikemas dengan nama ‘Sambang Bank Sampah”.

Hadir dalam acara Pengurus Forum Bank Sampah (FBS) Kota, Kepala Dinas Lingkungan Hidup  (DLH) Kota Yogyakarta, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan Hidup beserta staf DLH, Plt. Lurah Kadipaten beserta Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Koordinator Bank Sampah dan perwakilan Bank Sampah se Kadipaten.

Ketua FBS Kota yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, dalam sambutannya menyampaikan rencana berdirinya Bank Sampah Induk (BSI) yang akan diresmikan 10 Oktober 2023 menempati bangunan yang dulu dipakai TPS Kemasan di Jl.Kemasan, wilayah Kemantren Kotagede.

Sementara itu Plt. Lurah Kadipaten, Junidartig Junus, menyampaikan harapannya pada Bank Sampah se Kadipaten untuk menggiatkan program pengelolaan sampah organik yang dikenal dengan “Mbah Dirjo”.

Salah satu pengurus FBS Kota  yang juga warga Kadipaten, Taufik, menjelaskan bahwa Sambang Bank Sampah dilaksanakan di 6 kelurahan yang ditunjuk, yakni Bumijo, Sosorutan, Kadipaten, Purbayan, Warungboto dan Bener.  Taufik juga menyampaikan rencana Sambang Bank Sampah berikutnya setelah Kadipaten akan sambang ke Purbayan, Warungboto dan Bener. Sementara untuk Sambang Bank Sampah di Bumijo dan Sorosutan telah dilaksanakan sebelum Kadipaten.

Keterangan foto : Suasana Sambang Bank Sampah di Kadipaten.