PEKAN PEMBAYARAN PBB DI KADIPATEN

KADIPATEN-Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan Pekan Pembayaran PBB, salah satunya di Kelurahan Kadipaten pada Rabu 13 September 2023. Layanan pekan pembayaran dimulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB bertempat di Ruang Pelayanan Kelurahan. Kegiatan ini serentak dengan beberapa wilayah kelurahan  lain se Kota. 

Waktu pelaksanaan Pekan Pembayaran PBB di Kelurahan Kadipaten berdasarkan jadwal dari BPKAD, sedangkan terkait lokasi pembayaran berdasarkan usulan dari Kelurahan. Sebelumnya Kelurahan telah diundang ke BPKAD untuk berkoordinasi penentuan tanggal dan waktu serta tempat pelaksanaan Pekan Pembayaran PBB.

Setelah ditentukan tanggal dan waktu serta tempatnya dilanjutkan dengan pemberitahuan kepada warga. Pemberitahuan kepada warga melalui undangan yang sudah disiapkan BPKAD dan didistribusikan melalui kelurahan. Undangan ke warga memuat nama wajib pajak, alamat dan nominal pajak yang harus dibayar serta waktu dan tempat pembayaran.

Petugas dari BPKAD yang bertugas di Kadipaten terdiri dari 2 Orang yaitu Elsi Narulita Ikawati (Staf Sub Bidang Penagihan dan Keberatan Pendapatan Daerah pada Bidang Pembukuan Penagihan Dan Pengembangan Pendapatan Daerah) dan, Isah Hana Restu (Staf Sub Bidang Pelaporan pada Bidang Akuntansi Dan Pelaporan). 

Elsi Narulita menyampaikan bahwa tujuan pekan pembayaran PBB diantaranya untuk mempercepat realisasi penerimaan pajak PBB dan mendekatkan tempat pembayaran pajak. Selanjutnya Elsi juga menjelaskan bahwa pembayaran pajak dapat dilakukan secara tunai (cash) maupun non tunai melalui transfer dan warga diberikan print out bukti pembayaran.

Keterangan foto : Suasana Pekan Pembayaran PBB di Kelurahan Kadipaten.