PUSPO SWORO RW 13 KADIPATEN ‘MEMERIAHKAN’ GELAR SENI BUDAYA 2023

Kadipaten-Sanggar Puspo Sworo dari RW 13 Kadipaten  beberapa waktu lalu menampilkan Tarian Jaranan, tepatnya Kamis 31 Agustus 2023 dalam acara Gelar Seni Budaya. Acara diselenggarakan Kemantren Kraton Kota Yogyakarta dalam rangka memperingati 11 tahun Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta bertempat di Pendopo Dalem Pakuningratan.

Saat acara disajikan beberapa penampil dari Kelurahan Patehan, Panembahan, termasuk dari Kadipaten.  Sanggar Puspo Sworo satu satunya penampil dari Kelurahan Kadipaten.

Penampilan ‘Tari Jaranan’ Puspo Sworo disaksikan segenap tamu undangan, yakni Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Mantri Pemong Praja Kraton, Kapolsek Kraton, Danramil Kraton, Kepala UPT Puskesmas Kraton. Dari wilayah juga diundang Ketua LPMK, Ketua Kampung, Ketua RW dan tamu undangan lainnya.

Penampilan tarian dari Sanggar Puspo Sworo melibatkan beberapa penari dan beberapa penabuh gamelan sebagai pengiring musik. Penari dan pengiring yang tampil dari kelompok usia anak sekolah. Hanya satu orang pengiring dari kelompok dewasa penabuh ‘kendhang’ yang juga pengasuh sanggar, serta satu orang penyanyi (sinden).

Menurut pimpinan sanggar, Sumardiyanto yang juga Ketua RW 13, menyampaikan bahwa sanggarnya sudah berusia sekitar 15-an tahun. Prestasi yang pernah diraih adalah Juara 1 dalam acara Festival Kampung Wisata 2019 di XT Square. Terkait keanggotaan sanggar, Sumardiyanto menyampaikan bahwa anggota sanggar dari kelompok usia anak sampai orang tua.

Sedangkan salah satu pengasuh sanggar, Saronto, menyampaikan bahwa sanggar Puspo Sworo mempelajari berbagai seni pertunjukkan seperti seni tari, drama, gejok lesung dan pertunjukan lainnya. Terkait latihan Saronto menyampaikan bahwa sanggar mengadakan latihan rutin pada hari Sabtu malam, namun saat akan ada pentas latihan dilaksanakan setiap hari.

Keterangan foto : Penampilan Puspo Sworo dalam Gelar Seni Budaya 2023 di Pendopo Dalem Pakuningratan.