'MENINGKAT', PERMINTAAN VAKSIN RABIES DI KADIPATEN

Kadipaten-Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan vaksin rabies gratis, salah satunya di Kelurahan Kadipaten pada Senin 4 September 2023. Kegiatan ini bersama dengan kelurahan lain se Kemantren Kraton (Kelurahan Patehan dan Kelurahan Panembahan). Vaksin diberikan untuk hewan piaraan kucing, anjing dan kera.

Waktu pelaksanaan vaksin di Kelurahan Kadipaten berdasarkan usulan dari Kelurahan. Sebelumnya Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berkoordinasi dengan Kelurahan se-Kota Yogyakarta guna menentukan tanggal dan waktu pelaksanaan vaksin. Setelah penentuan tanggal dan waktu vaksin dilanjutkan dengan sosialisasi kepada warga.

Tim dari Dinas yang bertugas layanan vaksin di Kadipaten terdiri dari 3 orang yaitu drh. Muhammad Arifin (Medik Veteriner Pertama), Diga Budi Kurniawan (Pengawas Sanitasi Usaha Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner) dan Deni Liliasari (Pengawas Usaha Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner). Babinkamtibmas Kadipaten juga turut memantau kegiatan vaksin.

Layanan vaksin dimulai pukul 09.00 sampai 13.00 WIB bertempat di Ruang Aula Kelurahan. Kuota vaksin yang dibawa petugas untuk 50 ekor hewan. Sejak jam layanan dimulai, beberapa warga silih berganti datang ke Aula Kelurahan untuk mem-vaksin-kan hewan piaraannya.

Dokter yang bertugas memvaksin, Muhammad Arifin menjelaskan bahwa Selanjutnya  Arifin juga menyampaikan bahwa kuota vaksin yang dipersiapkan berdasarkan jumlah hewan yang divaksin tahun sebelumnya. Terkait syarat hewan yang bisa divaksin, dokter Arifin menjelaskan usia hewan minimal 2 tahun, tidak sedang hamil, tidak sedang sakit, pemilik ber-KTP atau dimosili di wilayah Kota Yogyakarta dan pernah diberi obat cacing sebelumnya. Seandainya hewan yang akan divaksin belum diberi obat cacing, dokter Arifin menyatakan tetap dilayani vaksin.

Diga Budi Kurniawan, pendamping dokter saat vaksin, menyampaikan bahwa vaksin mencegah hewan dari penyakit rabies dan dalam rangka mewujudkan Kota Yogyakarta bebas rabies. Diga juga menjelaskan bahwa vaksin rabies diberikan 1 kali dalam setahun.

Sedangkan petugas administrasi vaksin, Deni Liliasari, menyampaikan bahwa warga yang mem-vaksin-kan hewan piaraannya mendapat kartu vaksin. Selanjutnya Deni Liliasari menjelaskan kartu vaksin memuat informasi diantaranya identitas hewan, jenis vaksin serta tanggal dan bulan vaksin.

Antusias warga untuk mem-vaksin-kan hewan tahun ini meningkat. Hal ini dilihat dari jumlah hewan yang divaksin sudah mencapai 50 hewan sebelum jam layanan selesai, sedangkan masih ada warga yang mengantri. Petugas segera mengambil tambahan kuota vaksin untuk memenuhi kebutuhan warga yang masih mengantri. Sampai akhir batas jam layanan tercatat 63 ekor kucing yang diberi vaksin. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding  jumlah hewan yang vaksin rabies tahun 2022.

Keterangan foto : Foto atas, Tim diterima Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kadipaten (paling kanan), foto bawah: suasana vaksin rabies.