PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI DARI LIMBAH DI KADIPATEN

KADIPATEN-Forum Bank Sampah Kadipaten menyelenggarakan pelatihan pembuatan sabun cuci piring berbahan minyak goreng bekas (minyak jelantah).  Pelatihan bertempat di Aula Kelurahan Kadipaten, Kamis, 24 Agustus 2023 mulai pukul 09.00 WIB.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Plt. Lurah Kadipaten. Dalam sambutan pembukaan Plt. Lurah Kadipaten menyampaikan terima kasih kepada Forum Bank Sampah Kelurahan Kadipaten atas kerja samanya  dalam pengolahan sampah. Acara juga dihadiri Ketua Forum Bank Sampah Kelurahan Kadipaten dan Koordinator Forum Bank Sampah Kemantren.

Plt. Lurah Kadipaten memberikan sambutan

Peserta pelatihan perwakilan dari Kelompok bank sampah se Kelurahan Kadipaten. Bank Sampah yang hadir yaitu Bank Sampah Trash Bag  RW 01, Sampah Q Manfaat  RW 02, Panca Sagotra RW 03, Tangan Uthik RW  04, Limbah Berkah RW 05, Tangan Guyub RW 06, Uwuhku RW 08, Rottersih RW 10, May Darlink RW 11, Gulastera RW 12, Suminar RW 14, Resmi RW 13 dan Hijau Langit RW 15. Sebelumnya pengurus Forum Bank Sampah Kadipaten telah berkoordinasi dengan Kelurahan untuk persiapan tempat pelatihan.

Peserta pelatihan

Bertindak sebagai nara sumber yaitu, Rio Prista Purnama Putra dari kelompok Win On Go yang beralamat di Kelurahan Gedongkiwo, Mantrijeron. Rio Prista hadir bersama dengan Bank Sampah Ngudi Berkah yang beralamat di Minggiran RT 59 Kelurahan Gedongkiwo Kemantren Mantrijeron.

Nara sumber pelatihan

Menurut Rio Prista, Bank Sampah Ngudi Berkah dihadirkan sebagai nara sumber karena telah mengikuti pelatihan lebih dulu. “Diharapkan Bank Sampah yang telah mengikuti pelatihan dapat menyampaikan ilmunya kepada peserta berikutnya”, demikian jelasnya.  Rio juga menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya dan atas permintaan dari Forum Bank Sampah Kelurahan Kadipaten.