RAPAT KOORDINASI DARURAT SAMPAH KADIPATEN

Kadipaten-Jumat, 4 Agustus 2023 Kelurahan Kadipaten melaksanakan rapat koordinasi penanganan sampah. Rapat bertempat di Aula Kelurahan mulai jam 16.00 WIB.  

Hadir dalam rapat Mantri Pamong Praja (MPP) Kraton, Lurah Kadipaten dan perangkat kelurahan, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua LPMK, Ketua Kampung, Ketua RW, Pengurus Bank Sampah wilayah Kadipaten, Ketua Forum Bank Sampah Kelurahan dan Kemantren, Fasilitator Bank Sampah dan Pengurus Bank Sampah se Kadipaten.

Rapat dipimpin dan dibuka oleh Lurah Kadipaten. Dalam sambutan pembukaan Plt. Lurah Kadiapten, Junidartig Junus, menyampaikan bahwa saat ini kondisi darurat sampah pacsa penghentian sementara layanan sampah TPA Regional Piyungan.

MPP Kraton,  Sumargandi, dalam sambutan dan pengarahan menyampaikan munculnya tumpukan sampah baru dibeberapa titik sejak penghentian sementara layanan sampah TPA Regional Piyungan. Terkait hal ini MPP menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki program pengolahan sampah dan limbah organik dengan biopori ala Jogja yang dinamakan Mbah Dirjo. Selanjutnya, MPP menyampaikan bahwa program Mbah Dirjo akan dimulai serentak di wilayah Kota Yogyakarta pada 6 Agustus 2023. Diakhir sambutan, MPP berharap program Mbah Dirjo diwujudkan di wilayah sehingga mengurangi volume sampah yang dibuang.

Sementara itu Ketua Forum Bank Sampah tingkat Kelurahan, menyampaikan edaran dari Ketua Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta terkait penanganan sampah di masa darurat. Sedangkan Ketua Forum Bank Sampah tingkat Kemantren, menyampaikan bahwa pelaksanaan program Mbah Dirjo di wilayah sesuai dengan dengan kesepatan warga dan kondisi wilayah.

Berdasarkan Surat dari Sekretaris Daerah DIY nomor 658/8312 tanggal 21 Juli 2023, pelayanan sampah TPA Regional Piyungan tidak dapat dilakukan sejak 23 Juli - 5 September 2023.  Seperti diketahui TPA Regional Piyungan melayani penampungan sampah dari Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. Dengan penghentian layanan tersebut, pelayanan sampah dari Kota Yogyakarta ke TPA Regional Piyungan terhenti.

Setelah penyampaian sambutan danpengarahan dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi. Diakhir rapat perwakilan RW dan Bank Sampah yang hadir menyatakan kesiapan untuk melaksanakan program Mbah Dirjo sesuai kondisi wilayah.

Keterangan foto : Suasana rapat koordinasi penanganan sampah.