BATIK CEDUY “BatiKita MeraPuti” HADIR DI KADIPATEN

Kadipaten-Di Kampung Kadipaten Kidul telah hadir potensi wilayah baru dalam pengembangan Batik. Potensi ini lahir lewat kehadiran Batik Ceduy yang didirikan oleh Kusminari.  

Berikut tulisan terkait Batik Ceduy. Batik Ceduy adalah ide. Suatu pikiran yang ingin menemukan dan membentuk titik keseimbangan antara upaya pelestarian tradisi dan respon atas perkembangan jaman. Seharusnya setiap jaman adalah hasil dialog. Demikian juga batik, sebagai produk jaman.

Pada awal 2009, sejalan dengan makin kuatnya tekanan industri, yang berpotensi menggerus tradisi, makin kuat keinginan melahirkan karya, dalam bentuk batik. Namun, karya tersebut harus bersifat melengkapi dan menjadi tantangan bagi produk yang telah ada.

Dari soal bentuk (motif), warna dan makna, terus mengalami interaksi. Ada dorongan memperkaya warna, terutama jika dilihat dari tiga warna utama, dalam tradisi batik Jogya, yakni hitam, putih dan coklat. Ada aspirasi menghadirkan bentuk-bentuk baru, disamping motif lama yang melegenda, seperti perang, karung, truntum, sekar jagad, dan ragam bentuk lainnya.

Batik Ceduy tidak terpaku pada bentuk-bentuk lama, melainkan mencoba bentuk-bentuk baru yang penuh inspirasi. Sebagai karya baru, batik Ceduy tidak menggantikan batik tradisional, tetapi dalam kerangka memperkaya. Warna dan teknik pewarnaan dalam batik Ceduy bersifat bebas dan dinamis, memberikan ruang ekspresi kreatif bagi karya-karya selanjutnya.

Batik Ceduy hingga kini lebih memfokuskan diri pada produk kain, dan belum masuk ke dalam produksi pakaian jadi. Hal ini dimaksudkan sebagai bagian dari keinginan untuk memperluas ruang kreatif. Dalam hal kain, Batik Ceduy juga membuka disain, terutama jika konsumen memiliki ide yang ingin dituangkan dalam kain.

Seperti pernah diberitakan di web ini, bahwa Batik Ceduy pada 30 Juli 2023 menyelengarakan dialog budaya bertema batik, dengan menghadirkan dua nara sumber. Acara yang dihadiri perwakilan Paniradyo Keistimewaan DIY dan, Kelurahan Kadipaten serta kalangan seniman dan budayawan sebagai permulaan pengenalan karya produk Batik Ceduy.

Keterangan gambar : Tampilan BatiKita Keraputi (dibelakang pemilik Batik Ceduy, baju putih)