SOSIALISASI TRANTIBUM UNTUK KADIPATEN

Kadipaten-Rabu, 14 Juni 2023 telah dilaksanakan sosialisasi ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) kepada masyarakat Kelurahan Kadipaten. Penyelenggara kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY. Sosialisasi bertempat di hotel Tasneem, Jl.Brigjen Katamso Yogyakarta, dengan materi ketentraman dan ketertiban umum.

Hadir dalam sosialisasi, Komisi A DPRD DIY, Perwakilan Kemantren Kraton, Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Kadipaten, Lurah Kadipaten, Perwakilan Satpol PP Kota Yogyakarta, perwakilan dari lembaga masyarakat tingkat kelurahan serta beberapa staf Satpol PP DIY.

Peserta sosialisasi dari lembaga yang dihadirkan yaitu perwakilan pengurus Jaga Warga, pengurus PKK, Ketua Kampung, Karang Taruna,  Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kemitraan Polisi Masyarakat, Ketua RW, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dan Linmas.

Komisi A DPRD DIY yang hadir yaitu Ketua Komisi, Eko Suwanto. Perwakilan dari Kemantren Kraton hadir Kepala Jawatan Keamanan, Kelurahan Kadipaten hadir Sekretaris Kelurahan, Satpol PP Kota Yogyakarta diwakili dua staf.  Acara dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 13.00 WIB.

Bertindak sebagai nara sumber (narsum), Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, Agung Supriyono, Mantan Kepala Kesbangpol DIY tahun 2020, dan Danang Triwidodo, Kepala Unit Intel Polsek Kraton. Moderator sosialisasi dari Satpol PP DIY, Sumantri.

Acara pembukaan dipandu oleh pembawa acara, staf Satpol PP DIY dilanjutkan dengan sambutan  dari Kelurahan Kadipaten. Dalam sambutannya, Lurah Kadipaten yang diwakili Sekretaris Kelurahan, menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada peserta maupun nara sumber yang telah berkenan hadir, serta terima kasih atas penyelenggaraan sosialisasi. Selanjutnya Sekretaris Kelurahan juga menyampaikan bahwa trantibum merupakan tanggungjawab bersama. Di akhir sambutannya disampaikan permohonan peserta mengikuti sosialisasi hingga selesai.

Narsum pertama, Agung Supriyono, bertema peta kerawanan sosial dan potensi konflik di masyarakat. Narsum kedua, Eko Suwanto, bertema strategi dan peran Dewan dalam penanganan trantibum. Narsum terakhir dari Polsek Kraton bertema peran keluarga dalam upaya mencegah  kejahatan. Selesai pemaparan materi dilanjutkan sesi tanya jawab dengan peserta sosialisasi.

Keterangan foto : Foto atas, peserta Sosialisasi Trantibum, foto bawah, nara sumber dan moderator sosialisasi.