INOVASI DARI BABINKAMTIBMAS UNTUK KADIPATEN

Kadipaten-Tim dari Polda DIY beberapa waktu lalu, tepatnya Selasa, 6 Juni 2023 telah melaksanakan penilaian inovasi yang diampu personil Babinkamtibmas Kelurahan Kadipaten. Penilaian inovasi di Aula Kelurahan Kadipaten mulai pukul 09.00 WIB.

Penilaian ini merupakan kelanjutan dari kegiatan inovasi Babinkamtibmas Kelurahan Kadipaten, Aiptu Bisusanti. Bu Santi, demikian sapaan akrabnya Babinkamtibmas Kelurahan Kadipaten, berinovasi budidaya lidah buaya. Tim Penilai  dipimpin oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda DIY, AKBP Sinungwati,SH,MIP bersama team penguji.

Penilaian diawali dari kedatangan Tim dan diterima di Aula Kelurahan Kadipaten. Kedatangan Tim disambut dengan Bregodo dari Kampung Kadipaten Kidul. Bregodo berjumlah 8 orang sudah siap dengan seragam dan dilengkapi dengan tombak.

Hadir dalam penerimaan Tim Penilai Invasi,  Kapolsek Kraton, Danramil Kraton, perwakilan Kemantren Kraton, perwakilan kelurahan Kadipaten, Babinsa, anggota Polsek Kraton dan tokoh masyarakat. Perwakilan Kemantren Kraton diwakili Mantri Anom, Kelurahan Kadipaten diwakili Sekretaris Lurah. Tokoh masyarakat yang diundang yaitu Ketua Kampung dan perwakilan Kelompok Tani Kencana Asri.

Acara penerimaan Tim Penilai diawali dari sambutan dari Kapolsek Kraton dan dilanjutkan sambutan dari Kelurahan Kadipaten. Selesai sambutan diteruskan pemaparan inovasi oleh Babinkamtibmas Kadipaten, Bisusanti. Dalam paparannya Bisusanti menyampaikan latar belakang, proses dan manfaat dari tanaman lidah buaya. Lokasi budidaya dihalaman belakang komplek Ndalem Kaneman di wilayah Kampung Kadipaten Kidul.

Selesai pemaparan dilanjutkan tanggapan dari Ketua Tim Penilai Inovasi. Tim Penilai selanjutnya berkunjung ke lokasi budidaya lidah buaya, di komplek Ndalem Kaneman.  

Keterangan foto : Foto atas, suasana paparan inovasi, foto tengah: bregodo menyambut Tim Penilai, foto bawah,  Tim di lokasi budidaya lidah buaya.