Keberhasilan Monev Bank Sampah Kadipaten

Kadipaten-Kelompok Bank Sampah di Kadipaten mendapat monitoring dan evaluasi (monev) pada Jumat 19 Mei 2023.  Acara monev dimulai sekitar pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Kelurahan.

Hadir dalam acara Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Lurah Kadipaten, Fasilitator Bank Sampah Tingkat Kota, Koordinator Bank Sampah Tingkat Kemantren,  Ketua Forum Bank Sampah Tingkat Kemantren, Fasilitator Bank Sampah Tingkat Kelurahan, Babinkamtibmas dan Perwakilan Pengurus Bank Sampah se Kadipaten.

Personil Dinas Lingkungan Hidup yang hadir 2 (dua) orang, Fasilitator Bank Sampah Tingkat Kota 2 orang, Koordinator Bank Sampah Tingkat Kemantren 1 orang,  Ketua Forum Bank Sampah Tingkat Kemantren 1 orang, Fasilitator Bank Sampah Tingkat Kelurahan 1 orang, Babinkamtibmas 1 orang.

Acara dibuka oleh Lurah Kadipaten, Baiq Suriyatningsih, dengan penyampian kata sambutan. Dalam sambutannya, Bu Baiq, demikian sapaan akrabnya, menyampikan terima kasih kepada DLH yang telah melakukan monev di Bank Sampah Kadipaten. Berikutnya Bu Baiq juga menyampaikan bahwa sampah dapat diberdayakan menjadi bernilai ekonomis. Dalam akhir sambutan Bu Baiq menyampaikan semangat dan apresiasi kepada semua Kelompok Bank Sampah atas kinerjanya.

Setelah sambutan Lurah Kadipaten dilanjutkan sambutan pembukaan dari perwakilan DLH, Dian Arum. Dalam sambutannya Dian Arum menyampaikan terima kasih kepada fasilitator bank sampah dan Kelompok Bank Sampah Kadipaten yang telah memenuhi undangan untuk monev. Selanjutnya Dian menyampaikan laporan hasil progres pengelolaan sampah di Kota Yogyakarta. Di akhir sambutan Dian juga menyampaikan tujuan monev memantau dan memastikan bahwa kelompok bank sampah di kelurahan melaksanakan pengelolaan sampah.

Selesai sambutan dari perwakilan DLH dilanjutkan monitoring masing-masing kelompok bank sampah. Saat monev DLH membagi tim monev menjadi 4 dengan anggota dari 2 orang Fasilitator Bank Sampah tingkat kota, 1 orang dari fasilitator bank sampah tingkat  kemantren dan 1 orang perwakilan DLH.

Seluruh kelompok bank sampah Kadipaten dapat hadir dalam monev sejumlah 12 kelompok. Kelompok bank sampah yang hadir dalam monev di Kelurahan Kadipaten yakni : Bank Sampah Trash Bag  RW 01, Sampah Q Manfaat  RW 02, Panca Sagotra RW 03, Tangan Uthik RW  04, Limbah Berkah RW 05, Tangan Guyub RW 06, Uwuhku RW 08, Wongso Gupito RW 09, Rottersih RW 10, May Darlink RW 11, Gulastera RW 12, Suminar RW 14 dan Hijau Langit RW 15. Bank sampah yang baru pertama kali mengikuti monev yaitu bank sampah Wongso Gupito RW 09 karena baru berdiri di awal 2023.

Sementara itu Ketua Forum Bank Sampah tingkat Kemantren, Rita Nur Astuti, menyampaikan bahwa seluruh kelompok Bank Sampah yang hadir telah menyiapkan bahan monev. Perwakilan Pengurus Bank Sampah se Kadipaten masing-masing 3 orang. Rita, demikian sapaan akrabnya, menjelaskan  bahan monev berupa buku administrasi kegiatan bank sampah, Surat Keputusan pendirian dan kepengurusan Bank sampah, profil dan stempel Bank Sampah. Rita juga menjelaskan bahwa setiap bulan seluruh kelompok bank sampah di Kadipaten  mengadakan pertemuan.

Keterangan foto : Gambar atas, suasana pembukaan monev bank sampah Kelurahan Kadipaten, gambar bawah, suasana monev bank sampah.