”MERIAH” GEBYAR LANSIA KELURAHAN KADIPATEN

KADIPATEN-Kelurahan Kadipaten,  Kamis, 16 Maret 2023, selesai menyelenggarakan salah satu kegiatan pemberdayaan tahun 2023 yaitu Gebyar Lansia dalam bentuk Senam Lansia. Kegiatan bertempat di Halaman nDalem Pakuningratan, wilayah RW 15 Kelurahan Kadipaten berlangsung pukul 07.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Peserta senam adalah warga lansia Kadipaten yang tergabung dalam kelompok Lansia Ngudi Saras. Berdasarkan rencana acara dihadiri oleh tamu undangan dari Kemantren Kraton, Koramil Kraton, Polsek Kraton, Puskesmas dan dari tokoh masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

Hadir dalam acara Mantri Pamong Praja Kraton, Danramil Kraton, Kapolsek Kraton, Kepala UPT Puskesmas Kraton, Lurah Kadipaten, Pengurus Komisi Lansia Kadipaten, perangkat Kelurahan Kadipaten, Babinsa dan Babinkamtibmas Kadipaten dan perwakilan tokoh masyarakat sekitar nDalem Pakuningratan.

Dalam acara dihadirkan pula kelompok usaha dari UPPK dan P2WKSS Kelurahan Kadipaten serta satu unit usaha dari PKK RW 4 Kelurahan Kadipaten. UPPK menampilan 3 kelompok usaha dan P2WKSS menampilkan 2 kelompok usaha, masing-masing kelompok disediakan sebuah meja untuk pajangan produk. Kelompok usaha menampilkan hasil olahan makanan dan minuman tradisional.

Acara dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, diawali dengan berdoa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh pembawa acara. Berikutnya dilaksanakan senam yang diikuti kelompok lansia dengan panduan instruktur senam yang telah siap didepan peserta. Mayoritas kelompok lansia didominasi oleh kalangan perempuan. Peserta tampak ceria dan semangat mengikuti arahan instruktur dari awal hingga akhir.

Selesai senam dilanjutkan sambutan dari Mantri Pamong Praja (MPP) Kraton. MPP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan acara gebyar lansia. Selanjutnya di akhir sambutan MPP berharap kegiatan dapat membawa kemanfaatan bagi masyarakat.

Acara dimeriahkan dengan penampilan organ tunggal dengan menampilkan beberapa lagu hiburan bagi peserta. Suasana semakin meriah saat peserta dan tamu undangan ikut tampil melantunkan beberapa lagu. Selain organ tunggal, acara dimeriahkan pula dengan pemberian door prize bagi peserta.  

Keterangan foto: Suasana Gebyar Lansia di Halaman nDalem Pakuningratan.