KADIPATEN BERHASIL DALAM PEMILIHAN KETUA UMUM LPMK

Kadipaten-Rabu, 1 Maret 2023 telah dilaksanakan Musyawarah Pemilihan Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) untuk periode 2023-2028. Acara dilaksanakan di Aula Kelurahan Kadipaten dengan sistem luring. Pukul 20.00 WIB acara dimulai dan berakhir sekitar pukul 21.00 WIB.

Hadir dalam acara musyawarah pemilihan Mantri Pamong Praja (MPP) Kraton, Lurah Kadipaten, Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Jawatan Praja Kemantren Kraton, Kepala Jawatan Kemakmuran Kemantren Kraton, Kepala Sub Bagian Keuangan Perencanaan Evaluasi Dan Pelaporan Kemantren Kraton dan semua perangkat Kelurahan Kadipaten.

Pimpinan Musyawarah yaitu Zuliadi yang juga sebagai Ketua Kampung Ngasem dengan didamping beberapa anggota panitia yakni Sekretaris Panitia Rafli Ardhi dari Kampung Kadipaten Kulon, Susi Rubiati dari Kampung Kadipaten Kulon dan Sugiharti dari Kampung Ngasem. Sebelum pelaksanaan musyawarah pemilihan ketua Umum LPMK, panitia pemilihan telah mengadakan koordinasi dan persiapan administrasi dan teknis pemilihan serta penataan ruang pemilihan.

Ketua panitia dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa pemilihan Ketua Umum LPMK adalah penting bagi masyarakat. Ketua terpilih akan menentukan arah dan gerak dari LPMK ke depan.

Lurah Kadipaten dalam sambutannya saat pembukaan acara  menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapan rangkaian proses pemilihan. Selanjutnya Lurah juga berharap kepada peserta musyawarah untuk bersemangat dalam proses pemilihan dan dapat menerima hasil pemilihan.

Sedangkan MPP Kraton dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan informasi bahwa Kelurahan Kadipaten yang paling awal menyelenggarakan pemilihan Ketua Umum LPMK. Selanjutnya MPP juga berharap masyarakat mendukung hasil pemilihan.  

Jabatan Ketua Umum LPMK Kelurahan Kadipaten yang lama berakhir Maret 2023. Sebelumnya jabatan ketua Umum LPMK dipegang oleh Chawasi dari RW 4 Kampung Kadipaten Kulon.

Peserta Musyawarah pemilihan  perwakilan dari masing-masing Rukun Warga se Kelurahan Kadipaten. Saat musyawarah jumlah peserta yang berhak menjadi pemilih berdasarkan daftar hadir sebanyak 42 orang.

Calon Ketua Umum yang maju dan hadir dalam musyawarah pemilihan ada 6 yaitu :  Muhammad Haris Diesmawan, Satya Abdul Halim Bahtiar, Itje Sandra Suminar, Heryos Sukamto Wahadji, Gardani dan Haryawan Emir Nuswantoro.

Proses pemilihan didahului dengan pembacaan tata tertib pemilihan berdasar Peraturan Walikota Yogyakarta 71 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan.

Prosedur pemilihan dilakukan dengan memanggil peserta pemilih berdasarkan daftar hadir oleh panitia. Pemilih kemudian diberikan lembar untuk menuliskan nomor urut calon atau nama calon. Pemilih telah disediakan bilik pemilihan dan selanjutnya dimasukkan dalam tempat atau kotak suara yang ditempatkan di depan tempat duduk pemilih. Suasana pemilihan dari peserta dapat dilihat melalui tautan https://youtu.be/gWws1eaSWUE

Setelah semua peserta melakukan pemilihan selanjutnya dihitung capaian suara dari masing-masing calon. Penghitungan perolehan suara ditampilkan dengan layar proyektor sehingga dapat dilihat langsung oleh peserta musyawarah yang hadir.

Berdasarkan hasil penghitungan akhir calon yang mendapat suara sebagai berikut : Muhammad Haris Diesmawan 3 suara, Satya Abdul Halim Bahtiar 3 suara, Itje Sandra Suminar 2 suara, Heryos Sukamto Wahadji 5 suara, Gardani 5 suara dan Haryawan Emir Nuswantoro 24 suara. Berdasarkan perolehan suara Haryawan Emir Nuswantoro mendapat suara terbanyak. Musyawarah memutuskan Haryawan Emir Nuswantoro sebagai Ketua Umum LPMK Kadipaten terpilih periode 2023-2028. Suasana penghitungan suara pemilihan dapat dilihat melaui tautan https://youtu.be/3RXzfguyrJ8

Selesai pengumunan hasil pemilihan, ketua terpilih  diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Vidoe sambutan dari Pak Emir dapat dilihat dalam tautan https://www.youtube.com/watch?v=kSl2-yTui6s&t=186s

MPP Kraton dalam sambutan pasca pemilihan menyampaikan selamat atas terpilihnya Ketua Umum LPMK Kadipaten yang baru. MPP juga menyampaikan permohonan kepada Ketua Umum terpilih untuk segera menyusun kepengurusan LPMK yang baru mengingat pengukuhan pengurus LPMK akan dilaksanakan 18 Maret 2023.

Keterangan foto : Suasana pemilihan Ketua Umum LPMK.