KARNAVAL DALAM RANGKA HUT KOTA YOGYAKARTA KE 266

Kadipaten-Rabu, 5 Oktober 2022, Lurah Kadipaten menghadiri kegiatan karvanal dalam rangka HUT Kota Yogyakarta ke 266. Titik Kumpul peserta di Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Peserta mulai berdatangan ke Alun-Alun sekitar pukul 07.00 WIB.

 

Kegiatan ini melibatkan peserta dari anak-anak sekolah dan guru sekolah yang berada di wilayah Kemantren Kraton. Dari Kelurahan Kadipaten telah hadir siswa-siswi dan guru pendamping dari SD Kraton yang berada di wilayah Kampung Kadipaten Wetan dengan pakaian adat Jawa berupa lurik dan kebaya.

 

Beberapa peserta mengenakan atribut penutup kepala tradisional yakni caping (jawa) dan menggendong wadah berupa tenggok (jawa) sehingga layaknya seorang petani membawa hasil panen. Atribut lain yakni bendera, miniatur gunungan yang berisi hasil panen/hasil bumi dan tongkat yang diberi hiasan warna-warni.

 

Karnaval hari ini merupakan jadwal terakhir setelah sebelumnya juga dilaksanakan karnaval di beberapa sekolah baik TK, SD maupun tingkat SMP dengan rute berbeda.  Rute karnaval sesuai rencana peserta berjalan mengelilingi Alun-Alun Kidul. Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton hadir dalam acara  dan memberikan sambutan.

 

Tahun sebelumnya belum ada kegiatan semacam ini karena kebijakan penanganan covid-19 yang salah satunya adalah pembatasan kegiatan masyarakat  (PPKM).

 

Pendamping kegiatan adalah personil dari Kemantren Kraton, Pop PP Kemantren, Kelurahan Kadipaten, Kelurahan Panembahan, Kelurahan Patehan, Polsek Kraton, Koramil Kraton.

 

Keterangan foto : Suasana Karnaval