SOSIALISASI “YOGYAKARTA WARISAN DUNIA”

Kadipaten-Dinas Kebudayaan Propinsi DIY beberapa waktu lalu, tepatnya Selasa, 6 September 2022 mengadakan sosialisasi kepada masyarakat Kelurahan Kadipaten. Sosialisasi bertempat di Aula Kelurahan Kadipaten dengan materi Yogyakarta Warisan Dunia dengan peserta dari pengurus di wilayah yaitu pengurus lembaga kemasyarakatan seperti RT dan RW.

 

Acara dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pembekalan bagi kader sosialisasi sumbu filosofi di wilayah oleh Dinas Kebudayaan Propinsi DIY berapa bulan sebelumnya.  Dari kelurahan Kadipaten ada 3 orang perwakilan dari masyarakat yang mengikuti pembekalan kader tersebut.

 

Sosialisasi ini dimaksudkan sebagai upaya menyampaikan kepada masyarakat di wilayah kelurahan terkait keberadaan Sumbu Filosofi Kraton Yogyakarta yang diajukan sebagai warisan dunia. Berdasarkan selebaran yang disampaikan dari Dinas Kebudayaan Propinsi DIY, Sumbu Filosofi membentang dari arah selatan yakni dari Panggung Krapyak (daerah Kabupaten Bantul) sampai dengan Tugu Yogyakarta (daerah Kemantren Jetis). Adapun sebagai pusat titik sumbu adalah bangunan Kraton  Ngayogyakarta Hadiningrat.

 

Materi sosialisasi dipersiapkan oleh Dinas Kebudayaan Propinsi DIY, namun yang menyampaikan sosialisasi adalah personil dari kader yang telah mengikuti pembekalan dari Dinas. Materi disampaikan oleh dua kader perwakilan dari masyarakat Kelurahan Kadipaten secara bergantian.

 

Sasaran sosialisasi mencakup masyarakat di dua kelurahan lainnya di wilayah Kemantren Kraton yakni Kelurahan Panembahan dan Kelurahan Patehan dengan jadwal bergantian dan personil yang menyampaikan dari  kader di masing-masing wilayah. Lurah Kadipaten hadir memberikan kata sambutan dan membuka secara resmi acara sosialisasi.

 

Keterangan foto : Suasana Sosialisasi Sumbu Filosofi