KADIPATEN MENGIKUTI “AKREDITASI RINTISAN KELURAHAN BUDAYA”

Kadipaten-Kelurahan Kadipaten beberapa waktu lalu, tepatnya Jumat, 26 Agustus 2022 telah mengikuti Akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) di Dalem Kaneman  RW 03 Kampung Kadipaten Kulon Kelurahan Kadipaten. Acara mulai dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Akreditasi merupakan kelanjutan permohonan yang diajukan oleh Kelurahan Kadipaten untuk mendapat status sebagai Rintisan Kelurahan Budaya. Permohonan Rintisan Kelurahan Budaya dilaksanakan pada akhir Juli 2022 secara on line melalui aplikasi e-office yang ditujukan kepada Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

 

Akreditasi RKB Kadipaten dilaksanakan berdasarkan surat pemberitahuan dari Dinas Kebudayaan dimana Akreditasi akan mulai Kamis, 25 Agustus 2022 dan Kelurahan Kadipaten mendapat jadwal pada hari Jumat 26 Agustus 2022. Sesuai jadwal yang disusun dari Dinas Kebudayaan, Tim Akreditasi pada hari itu melaksanakan Akreditasi di 3 (tiga) Kelurahan yang dibagi dalam 3 sesi atau waktu akreditasi, adapun Kelurahan Kadipaten mendapat giliran pada sesi ke 2.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Akreditasi dan beberapa personil dari dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Tim yang bertugas 4 personil yang merupakan tokoh-tokoh seni budaya. Dari Kelurahan Kadipaten hadir Lurah  dan perangkat kelurahan Kadipaten, beberapa tokoh masyarakat serta personil yang tergabung dalam kepengurusan RKB Kadipaten.

 

Seperti telah diberitakan sebelumnya bahwa Kelurahan Kadipaten termasuk salah satu dari beberapa kelurahan tujuan  edaran akreditasi rintisan kelurahan budaya sesuai daftar tujuan instansi penerima yaitu : Kelurahan Notoprajan, Kadipaten, Mantrijeron, Demangan, Klitren, Gowongan, Tahunan, Karangwaru, Wirogunan, Suryodiningratan, Bener, Panembahan, Tegalrejo, Mujamuju, Sosromenduran, Suryatmajan, Ngupasan, Cokrodiningratan dan Kelurahan Bumijo.

 

Kedatangan Tim Akreditasi dan rombongan dari Dinas Kebudayaan disambut dengan iringan gamelan oleh beberapa remaja dari masyarakat wilayah Kadipaten dan ditempatkan di bangunan bagian depan dari Dalem Kaneman. Acara dibuka oleh pembawa acara dari unsur masyarakat Kadipaten dengan berhasa Jawa, demikian juga pidato sambutan selamat datang dari Kelurahan Kadipaten juga dengan bahasa Jawa.

 

Setelah penyambutan selesai dilanjutkan dengan verifikasi oleh Tim Akreditasi dengan melakukan wawancara dengan petugas-petugas dari kepengurusan RKB Kadipaten yang telah bersiap-siap sebelum acara dimulai. Sebelumnya dari Pengurus RKB Kadipaten mempresentasikan berbagai hal terkait Rintisan Kelurahan Budaya Kadipaten dengan dukungan video dan power point yang ditampilkan melalui layar projector.

 

Untuk keperluan verifikasi dari kepengurusan RKB Kadipaten  telah mempersiapkan beberapa meja yang diatur dan diberi tanda dengan indentitas Seksi Adat Tradisi, Seksi Kesenian dan Permainan Tradisional, Seksi Bahasa, Sastra dan Aksara, Seksi Kerajinan, Kuliner, Pengobatan Tradisional, Seksi Penataan Ruang, Bangunan dan Warisan Budaya Benda, dan Seksi Sejarah dan Warisan Budaya Tak Benda. Pengurus RKB Kadipaten telah menyiapkan personil dan data serta dokumen dimasing-masing seksi. Berkaitan dengan hasil akreditasi menunggu pemberitahuan dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

 

Keterangan foto : Suasana Akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya