Launching Kalurahan Tanggap Bencana (KALTANA) Kadipaten

Kadipaten- Selasa, 31/5/2022 bertempat di Kompleks nDalem Pakuningratan dilaksanakan peresmian pembentukan Kaltana (KelurahanTanggapBencana). Acara resmi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Pejabat dari BPBD Propinsi DIY, BPBD Kota Yogyakarta, MPP Kraton dan perwakilan dari Kelurahan se Kemantren Kraton, Babinsa dan Babinkamtibmas se Kemantren Kraton serta anggota Kaltana. Peresmian hari itu merupakan puncak dari pelatihan yang telah dilaksanakan beberapa kali bertempat di Aula Kelurahan Kadipaten.

Sebelum acara resmi dimulai sejak sekitar pukul 07.00 WIB dilokasi kegiatan sudah dilakukan berbagai persiapan. Salah satu persiapan adalah gladi simulasi penanganan bencana gempa bumi. Beberapa personil yang bertugas dalam gladi sudah siap dengan peralatan masing - masing. Simulasime libatkan anggota Kaltana dan beberapa warga dari anak sampai usia tua.

Pada saat pelaksanaan Simulasi Bencana Lurah Kadipaten, Baiq Suriyatningsih, ikut berperan serta sebagai Lurah dalam reka adegan menerima pelaporan terjadinya bencana di wilayah Kelurahan Kadipaten dari Ketua Kaltana Kadipaten, Djati Suryono.

Ketua Kaltana Kadipaten, Djati Suryono, menyatakan bahwa “saya berharap setelah pelatihan ini tetap eksis kita menjaga kekompakkan kelompok ini kaltana ini agar sewaktu waktu terjadi bencana kita siap untuk membantu masyarakat dalam penanganan bencana”.

MPP Kraton yang juga mengikuti simulasi dari awal menyampaikan bahwa “Kaltana Kadipaten baru terbentuk, tapi saya percaya bahwa warga masyarakat di Kelurahan Kadipaten ini sudah siap dan beberapa kampung sudah berdiri kampung tangguh bencana, namun hendaknya bias disinergikan antara komponen – komponen masyarakat tersebut. sehingga ketika, ya.. harapanya tidak ada bencana, ketika ada bencana entah itu angin, gempa dan lain sebagainya, kebakaran, itu bias segera siap untuk menanggulangi”.

Sementara itu tokoh masyarakat Kadipaten sekaligus Ketua LPMK Kadipaten, Chawasi, menyampaikan bahwa “saya menyambut baik sekali, karena sebagai satu sebagai pemberdayaan masyarakat akan kita teruskan biar masyarakat nanti lebih tersosialisasi sehingga nanti kalau ada apa – apa kita terlatih dan tau bentuk bentuk bencana penanganan seperti apa kita sudah siap - siap”.  Selanjutnya beliau juga menyampaikan harapannya supaya dirutinitaskan, diadakan sampai ke tingkat bawah sampai kemasyarakat.

Pada saat peresmian secara simbolis diserahkan tas dengan tulisan Emergency Kit dari BPPD DIY dan diterima oleh Ketua Kaltana. BPBD Propinsi telah mempersiapkan perlengkapan lapangan yang terkait Kaltana beru papan nama Kaltana, papan tulisan titik kumpul dan papan tulisan posko Kaltana.