Gebyar Seni Budaya Pisungsung Ruwahan ke VIII Kelurahan Kadipaten

Sabtu, (12/03) Kampung Wisata Kadipaten menyelenggarakan Gelar Seni Budaya yang masih termasuk di dalam rangkaian acara Pisungsung Ruwahan Kadipaten

Gelar Seni Budaya Kelurahan Kadipaten dimulai pukul 19.30-21.30 WIB. bertempat di nDalem Benawan Yogyakarta. Masing – masing Rukun Kampung (RK) mengirimkan perwakilannya untuk mengisi acara Gelar Seni Budaya tahun ini, antara lain :
RK Kadipaten Kulon menampilkan Tari Kreasi Kenya Beksa
RK Kadipaten Wetan menampilkan Guyon Maton : Guyup Rukun Ing Jaman Anyar
RK Kadipaten Kidul menampilkan Tari Beksan Pudyastuti
RK Ngasem menampilkan Tari Kreasi Pakulinan Anyar

disamping perwakilan dari masing – masing Rukun Kampung di Kelurahan Kadipaten, Sanggar Puspawara dibawah asuhan Sumardiyanto, S.Sn turut menyumbangkan Tari Klana Topeng, Geguritan dan Tari Kreasi Nguri-uri Budaya.

Hasil Penjurian :

Kegiatan penjurian Pisungsung Ruwahan tahun ini dilakukan oleh Mujadi, Seniman, Koreografer Terbaik Sendratari Yogyakarta tahun 1997 dan Rubini, S.Pd.SD, Penggerak Sanggar Kesenian di wilayah Kapanewon Tempel.
Keluar sebagai juara 1 dengan total poin 1002 jatuh kepada RK Ngasem, disusul berturut oleh RK Kadipaten Kidul dengan 969 poin, RK Kadipaten Kulon dengan 960 poin dan RK Kadipaten Wetan dengan 940 poin.
Penilaian tidak hanya bersadarkan penampilan pada saat pementasan Gebyar Seni Budaya saja, namun juga turut di nilai pada saat pelasanaan prosesi Ngapem Massal pada siang harinya.

Para Kontestan mendapatkan Trophy dan uang pembinaan dari panitia acara Pisungsung Ruwahan Kadipaten dan Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton, Drs. Sumargandhi, M.Si turut memberikan apresiasi dalam bentuk bingkisan untuk para penampil Gebyar Seni Budaya Kelurahan Kadipaten.