Tim KKN-PPM UGM Ajarkan Protokol Kesehatan dan Dampingi Belajar Siswa-Siswi SD N Kraton

Memasuki masa transisi menuju “new normal” atau adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19, siswa-siswi SD N Kraton mulai menjajaki pembelajaran luring secara bertahap. Pada masa adaptasi ini, kegiatan tatap muka dapat berjalan, namun harus disertai dengan pembiasaan berbagai protokol kesehatan dan langkah-langkah preventif lainnya.

Beberapa upaya dilakukan oleh tim KKN-PPM UGM subunit Kadipaten bersama pihak sekolah untuk memastikan para siswa mematuhi protokol kesehatan dan menjalankannya dengan tepat. Salah satunya adalah dengan mengajak para murid untuk mengingat kembali serba-serbi tentang COVID-19, langkah pencegahannya, dan protokol apa saja yang harus dipatuhi selama menjalani kegiatan belajar di sekolah. Para siswa juga diajak untuk berlatih mencuci tangan 6 langkah dengan tepat, dibuktikan dengan menggunakan sarung tangan yang diberi pewarna makanan.

Tidak berhenti di kegiatan sosialisasi, siswa-siswi beserta guru-guru SD N Kraton juga melaksanakan simulasi kegiatan belajar mengajar (KBM) saat memasuki masa normal baru, mulai dari datang ke sekolah hingga pulang. Tim KKN-PPM UGM juga membantu memasang rambu-rambu protokol kesehatan seperti tanda masuk dan keluar, memasang poster 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) di kelas, dan berbagai poster edukasi lain terkait COVID-19 dan langkah-langkah pencegahannya. Hal ini diharapkan dapat mengingatkan kembali siswa-siswi, guru-guru, serta karyawan SDN Kraton untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Selain itu, tim KKN-PPM UGM juga melakukan pendampingan belajar siswa-siswi SD N Kraton dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris yang dinilai cukup sulit dipahami, terutama selama kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kecakapan para siswa untuk berhitung dan melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris, membantu memahami materi yang belum dapat dipahami secara maksimal selama pembelajaran daring, dan membantu mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian sekolah.

Artikel dan Dokumentasi : Tim KKN PPM UGM