Relawan se-Kecamatan Kraton gelar Giat Bersama Penanganan COVID-19

Jajaran relawan se-Kecamatan Kraton menggelar acara “Giat Bersama Penanganan Covid-19”, Minggu (1/11) lalu di Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Kegiatan ini diawali dengan Apel Pagi, dipimpin oleh Camat Kraton, Drs. S. Widodo Mujiyatno, yang juga merupakan Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kraton.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kapolsek Kraton, Koramil 11 Kraton, Puskesmas Kraton, serta Lurah dan Ketua Kampung se- Kecamatan Kraton. Kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai komunitas, antara lain Komunitas Panembahan Semanak Yogyakarta (KPSY), Paksi Katon, CODE X, Paparasi Alkid, PAREANOM, Jogan, Satgas Covid-19 Alun-alun Selatan, Linmas se-Kecamatan Kraton, KTB se- Kecamatan Kraton, Komunitas Njogo Kampung Langenastran, dan mahasiswa KKN-PPM UGM.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan dan kampanye protokol kesehatan yang meliputi tiga wilayah, yakni Kelurahan Panembahan, Kelurahan Patehan, dan Kelurahan Kadipaten. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah promotif dan preventif, yakni dengan melalui sosialisasi terus menerus, pemberian edukasi dan pemahaman, masyarakat menjadi semakin patuh terhadap protokol kesehatan.

“ Kegiatan ini dikemas dari teman-teman relawan dan Kampung KTB yang ada di lima kampung Kecamatan Kraton. Selain itu, relawan juga datang dari komunitas. Kegiatan ini dalam rangka “ngaruhke” warga juga salah satu bentuk silaturahmi dan komunikasi  mengingatkan warga akan pandemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Kraton ini,” ungkap Widodo.

Widodo menambahkan, sebelum dilakukannya kegiatan tersebut, pihaknya memastikan bahwa semua anggota yang terlibat sehat jasmani rohani.

“ Upaya di masyarakat ini diharapkan mampu memutuskan mata-rantai virus Covid-19,” ujar Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Kraton ini.

Kegiatan ini didukung langsung oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kraton, Komisaris Polisi (Kompol) Isrowiyah, yang menyatakan bahwa kepolisian siap sedia mengawal kegiatan Giat Bersama Penanganan Covid-19 yang diikuti Relawan se-Kecamatan Kraton.

“ Kami ikut mengawal relawan Giat Bersama Penanganan Covid-19 yang di bagi menjadi tiga wilayah. Tetap kita melaksanakan protokol kesehatan, wajib memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir serta jaga jarak dan hindari kerumunan agar tidak terjadi klaster baru. Semoga pandemi ini cepat berlalu,” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat semakin paham akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan dan patuh dalam menggunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga pola hidup sehat, dan tidak keluar rumah jika tidak terlalu mendesak.

 

Artikel : Alif Indira
Dokumentasi : Tedy Kartyadi dan TIM KKN-PPM UGM