Mengabdi di Tengah Pandemi, Tim KKN-PPM UGM Diterjunkan ke Kadipaten

Kegiatan KKN-PPM UGM di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah masa pandemi Covid-19, kegiatan KKN-PPM dilaksanakan dengan kombinasi daring dan luring, sembari memenuhi standar protokol kesehatan yang diterapkan pada masa pandemi.

Dari ratusan mahasiswa yang diterjunkan ke seluruh penjuru, UGM menempatkan 1 unit tim KKN-PPM (unit YO-288) di Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Salah satu subunit ditempatkan di kelurahan Kadipaten, dan 2 subunit lainnya di kelurahan Panembahan dan Patehan.

Mengusung tema “Menumbuhkan Resiliensi Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat Yogyakarta pada Masa Pandemi COVID-19", tim KKN-PPM UGM unit YO-288 akan melaksanakan berbagai program. Beberapa diantaranya yakni sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat, pelatihan digital marketing untuk UMKM, pendampingan belajar siswa, sosialisasi kesehatan mental, dan promosi serta pengembangan destinasi wisata kecamatan Kraton di masa pandemi.

Kegiatan KKN-PPM UGM disambut baik oleh perangkat kecamatan dan kelurahan, serta perwakilan tokoh masyarakat. Melalui tema ini, kegiatan KKN-PPM UGM yang akan dilaksanakan hingga akhir November ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam menjaga ketahanan di masa pandemi COVID-19, baik ketahanan fisik, mental, finansial, dan membantu memberdayakan dan mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Kadipaten dan kecamatan Kraton.

(Artikel dan dokumentasi : tim KKN PPM UGM)